Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Pembelajaran Efektif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah


Belajar merupakan proses mental dalam diri penerima didik (santri) sehingga menjelma lebih baik. Melalui aktivitas berpikir santri tahu sesuatu, dan kemudian dari pengetahuannya diperlukan ada perubahan sikap dan sikap sehari-hari. Melalui proses belajar, siswa berubah dari tidak tahu menjadi tahu, malas menjadi rajin, nakal menjadi taat, dan seterusnya.

Karena mencar ilmu merupakan proses mental, maka kiprah guru diniyah ialah bagaimana mengkondisikan lingkungan biar santri bisa mengoptimalkan kekuatan berpikirnya, kemudian mengolah gosip dan menjelma lebih mengerti, terampil dan bersikap baik. Dengan demikian, santri mengetahui sesuatu bukan lantaran diberi tahu, tapi lantaran berpikir.

Capaian pembelajaran sanggup dikelompokkan dalam 3 ranah; yakni kognitif, afektif, dan psikomotor. Proses pembelajaran sepenuhnya diarahkan pada pengembangan ketiga ranah tersebut secara utuh, artinya pengembangan ranah yang satu tidak bisa dipisahkan dari ranah lainnya. Dengan demikian proses pembelajaran secara utuh melahirkan kualitas langsung yang mencerminkan keutuhan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Pembelajaran pada pendidikan madrasah diniyah takmiliyah (MDT) diarahkan untuk menunjukkan bekal ilmuyang cukup kepada santri biar berkembang dan menerapkan aliran agamanya dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran tidak berhenti hingga santri tahu, tapi harus hingga bisa dan membiasakan diri beragama dalam kehidupan positif sehari-hari. Baik kebiasaan dalam beribadah, bergaul dengan teman sebaya, bermasyarakat dan pergaulan di lingkungan keluarga dengan susila yang mulia.

Oleh alasannya itu biar proses pembelajaran di madrasah diniyah takmiliyah menjadi menarik, tidak membosankan, perlu diterapkan pendekatan, metode, teknik dan strategi yang bervariasi dengan didukung oleh guru yang kompeten dan layak dipegang ucapannya serta ditiru perilakunya.

Pembelajaran efektif berarti pembelajaran yang membawa perubahan, imbas dan manfaat tertentu sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Pembelajaran yang efektif ditandai dengan sifatnya yang menekankan pada pemberdayaan santri secara aktif. Pembelajaran efektif tidak hanya menekankan pada penguasaan pengetahuan ihwal apa yang dikerjakan, tapi juga proses internalisasi dari apa yang dikerjakan tersebut, sehingga nilainya tertanam dan berfungsi sebagai muatan nurani dan hayati serta dipraktekkan dalam kehidupan oleh santri.

Hakikat pembelajaran efektif ialah proses mencar ilmu mengajar yang bukan saja terfokus kepada hasil yang dicapai penerima didik, tapi juga menunjukkan pemahaman yang baik, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu serta sanggup menunjukkan perubahan sikap dan mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka.

Pembelajaran efektif juga melatih dan menanamkan sikap demokratis bagi santri. Dalam bentuknya, pembelajaran efektif berjalan sebagai proses yang menyenangkan, sehingga menunjukkan kreatifitas santri untuk bisa mencar ilmu dengan potensi yang sudaha mereka miliki.
Share on Google Plus

About syahna aksesoris

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar